Hal yang Perlu Diperhatikan untuk Bangunan Pabrik

Ada banyak aspek yang harus diperhatikan saat Anda membangun sebuah pabrik. Lokasi, struktur serta faktor keselamatan merupakan tiga poin penting dalam membangun sebuah pabrik. 

1. Lokasi yang tepat

Pabrik gudang merupakan aset penting sebuah perusahaan, sehingga ketika lokasi tersebut mengalami masalah jelas perusahaan tidak akan bergerak karena tidak adanya ketersediaan produk. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan lokasi apa yang akan dijadikan sebagai pabrik termasuk dampak negatif yang mungkin timbul di kemudian hari.

Salah satu lokasi yang kondusif untuk pabrik adalah kawasan bebas banjir. Penting untuk melakukan survei lebih dahulu untuk memastikan kontur tanah dan hal lain. Termasuk juga pada sarana transportasi sebagai penunjang karena akan dijadikan sebagai media distribusi barang. Perhatikan juga pasokan listrik atau air yang bisa saja menghambat produksi jika tidak berjalan dengan baik.

2. Struktur Bangunan yang kokoh

Setelah memastikan lokasi berikutnya adalah merencanakan perihal struktur bangunan. Pembangunan gudang harus menyesuaikan dengan jenis material apa yang disimpan di dalamnya. Perhatikan pula aspek lain macam luas tanah, ketinggian, struktur atap, struktur dinding dan sebagainya.

Setiap aspek tersebut setidaknya harus terlindungi dari risiko bencana alam seperti longsor, atau gempa bumi dengan bangunan yang kokoh. Pun pada risiko internal seperti kebakaran, mengingat pabrik gudang menyimpan barang dalam jumlah besar, kepadatan ini akan memicu api lebih cepat membesar jika sedikit saja terdapat percikan.

3. Faktor Keselamatan yang terjamin

Yang paling penting dari semuanya adalah faktor keselamatan, melindungi karyawan Anda merupakan pertimbangan prioritas. Risiko sekecil apapun harus diperkecil agar setiap karyawan bisa bekerja dengan nyaman dan aman. Gunakan pelindung khusus bagi setiap karyawan jika memang terdapat risiko khusus.

Termasuk pada risiko internal seperti kebakaran atau eksternal seperti bencana alam. Terlepas dari keuntungan perusahaan tersebut, faktor keselamatan seluruh pengelola wajib masuk dalam proses pembangunan gudang pabrik

Untuk mewujudkan setiap aspek tersebut, Anda tentu harus bekerjasama dengan pihak profesional dalam pembangunan yaitu jasa kontraktor. Jasa kontraktor akan memenuhi setiap aspek perlindungan, lokasi, hingga struktur bangunan sebagaimana permintaan perusahaan.

PT Alpha Omega Bersaudara (AOB) sebagai perusahaan konstruksi profesional hadir untuk membantu mewujudkan pembangunan-pembangunan pabrik di Jawa Tengah maupun daerah lainnya di Indonesia. 

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *