Komponen RAB

Komponen dalam RAB

Pembuatan RAB dilakukan berdasarkan komponen-komponen spesifik yang disepakati oleh para pembuatan. Beberapa komponen yang biasanya disertakan dalam RAB adalah:

Uraian Pekerjaan

Berisi penjelasan atau deskripsi dari pekerjaan yang dilakukan, misalnya pembuatan fondasi, pembuatan tembok plester, pemasangan atap baja ringan, dll.

Volume Pekerjaan (Per Meter/Unit)

Ini adalah perhitungan luas area kerja. Dalam RAB konstruksi rumah, Volume Pekerjaan menggunakan satuan per meter persegi atau per unit.

Harga Satuan (Jasa dan Material)

Harga yang dimaksud mencakup harga material yang digunakan dan biaya jasa yang dibayarkan kepada pekerja. Adapun jumlah biaya didapat dengan mengalikan jumlah Volume Pekerjaan dengan Harga Satuan Jasa.

Total Upah Pekerja

Upah pekerja diperoleh dengan mengalikan biaya jasa per hari atau per jam, estimasi waktu pengerjaan, dan total orang yang bekerja.

Total Harga Material

Total biaya yang dikeluarkan untuk membeli material bangunan. Pastikan untuk mengecek harga masing-masing material secara teliti untuk meminimalkan selisih biaya.

Total Biaya Pembangunan

Total keseluruhan biaya yang Anda keluarkan selama pengerjaan proyek. Hal ini menunjukkan besaran yang perlu Anda bayarkan kepada kontraktor untuk menyelesaikan pembangunan.


Posted

in

by

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *