cara mengatasi masalah teknis pada bangunan

Masalah Teknis pada Bangunan dan Cara Mengatasinya

Penggunaan bangunan komersial sering dilakukan secara bersama-sama atau digunakan oleh banyak orang, sesuai dengan ketentuan tujuan bangunan tersebut dibangun, untuk itu dibutuhkan prosedur perawatan yang baik dan benar.

Keberadaan bangunan komersial biasanya berfungsi sebagai fasilitas umum, seperti pertokoan, rumah makan, kantor dan fasilitas gedung lain untuk menjalankan aktivitas bisnis dan sebagainya.

Beberapa bangunan sengaja di desain unik untuk menarik perhatian atau menjadi ikon brand atau perusahaan tertentu. Namun tak lengkap rasanya jika fasilitas di dalamnya kurang memadai dan tidak bekerja seperti yang diharapkan.

Bangunan untuk aktivitas komersial membutuhkan fasilitas lebih komplek. Sehingga dalam proses memerlukan perawatan khusus, terutama terkait dengan fasilitas di dalamnya. Untuk menghindari masalah, dan memastikan aktivitas bisnis tetap berjalan, berikut tips yang bisa Anda lakukan :

1. Instalasi Saluran Air

Dalam kebutuhannya, saluran air sering dibutuhkan dalam berbagai kebutuhan. Aktivitas bersih-bersih atau sanitasi misalnya seperti mandi dan buang air, kegiatan ini mutlak membutuhkan sumber air bersih siap pakai, sekaligus saluran pembuangan yang tepat pada tempatnya.

Oleh karena itu dibutuhkan minimal saluran pipa air bersih dan kotor, untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Karena dasarnya juga wajib tersedia pada bangunan pribadi, hingga bangunan komersial, termasuk kebutuhan saluran air khusus.

Seperti saluran air panas, baik air bersih dan pembuangan. Jenis saluran ini umum dibutuhkan untuk aktivitas restoring, perhotelan hingga fasilitas Kesehatan. Oleh karena itu, mewujudkan fasilitas saluran air terpadu dengan baik adalah salah satu persyaratan dalam mendirikan bangunan komersial. 

2. Fasilitas Pencahayaan yang Cukup dan Efektif

Kebutuhan pencahayaan tak hanya berfungsi membantu seseorang beraktivitas di dalam bangunan komersial. Namun dengan proses penataan yang baik, fasilitas ini juga dapat meningkatkan estetika sebuah tempat.

Jangan heran, tak sedikit tempat seperti toko, supermarket, cafe, restoran dan sebagainya menggunakan rangkaian pencahayaan dalam jumlah banyak. Selain fungsi display gerai menjadi optimal, cara tersebut menjadi media menarik perhatian calon konsumen.

Karena dibutuhkan dalam jumlah banyak, dan optimal, cara tepat dalam memenuhi kebutuhan ini adalah dengan menggunakan jenis lampu LED atau CFL. Penggunaan produk lampu jenis ini mampu memenuhi kebutuhan pencahayaan dan mengoptimalkan biaya listrik.

Dibanding lampu konvensional, lampu LED umumnya membutuhkan energi listrik lebih sedikit, sehingga tak membebani biaya listrik setiap bulan. Cara tepat memenuhi aktivitas bisnis pada bangunan komersial modern.

3. Sumber Daya Listrik

Dibanding rumah pribadi, umumnya bangunan komersial mempunyai banyak fasilitas yang membutuhkan sumber daya kelistrikan. Seperti pencahayaan dalam jumlah besar, mesin produksi (alat masak dan sebagainya), bahkan ATM dan sejenisnya.

Setiap fasilitas umumnya bekerja dengan baik dengan sumber daya listrik yang cukup. Selain bergantung pada pasokan dari PLN, atau sumber daya listrik mandiri lain. Termasuk jika memungkinkan menggunakan panel surya yang lebih ramah lingkungan. 

Sebelum proses tersebut, umumnya fasilitas kelistrikan di data untuk menentukan seberapa besar daya yang dibutuhkan. Proses ini selanjutnya dilanjutkan dengan instalasi kabel listrik sesuai dengan kebutuhan, termasuk pengadaan panel listrik tambahan jika dibutuhkan bersamaan atau setelah proses pembangunan gedung telah berdiri.

Seperti kebutuhan saluran air, pasokan listrik pada dasarnya dapat menunjang aktivitas bisnis dan komersial berlangsung tanpa hambatan. Termasuk memikirkan tempat yang ideal, terutama jika bangunan tempat berdiri memiliki risiko atau rawan terhadap banjir.

4. Gudang dan tempat penyimpanan

Memiliki Gudang dan tempat penyimpanan merupakan salah satu fasilitas yang kerap dijumpai pada banyak bangunan komersil. Kebutuhan ini digunakan untuk menyimpan bahan baku, produk yang akan dijual hingga dokumen penting.

Kebutuhan gudang biasanya mutlak dipenuhi guna mendukung aktivitas bisnis yang dilakukan setiap hari. Kebutuhan ini difungsikan agar proses management barang bisa tertata dengan baik, rapi dan dapat terpenuhi sewaktu-waktu.

Pengadaan sebuah gudang umumnya dilakukan sesuai dengan kebutuhan. Apakah tempat tersebut membutuhkan ruangan yang kedap udara, dingin, atau bebas dari gangguan sinar matahari karena material produk yang rentan satu atau banyak hal.

Pada perusahaan IT, fungsi Gudang lebih dari tempat penyimpanan. Atau biasa difungsikan sebagai ruangan database yang fungsinya menyimpan data-data penting. Oleh karena itu, dibutuhkan treatment khusus, seperti ruangan dalam kondisi suhu tertentu dan sebagainya.

5. Masalah Hama

Terutama berbisnis makanan, gangguan Hama seperti tikus dan sebagainya adalah hal yang mungkin kerap terjadi pada bangunan komersil. Untuk itu, dibutuhkan ruangan khusus yang berfungsi meminimalisir gangguan hama yang bisa saja terjadi.

Hal ini berkaitan dengan penempatan ruangan dan jenis Gudang penyimpanan yang dibutuhkan. Termasuk penggunaan material bangunan apa yang cocok untuk kebutuhan ini. Karena selain tikus, hewan seperti semut dan kutu sering merusak bahan baku makanan hingga dokumen penting lain.

Meski tak jarang, serangan hama tidak terjadi pada awal bangunan komersil berdiri. Hal tersebut yang bisa Anda antisipasi dalam proses pembangunan gedung, rumah atau bangunan yang akan Anda gunakan untuk berbisnis.

Selain bekerjasama dengan perusahaan kontraktor terbaik, dalam hal ini Anda juga bisa bekerjasama dengan jasa pembasmi Hama. Saran dan solusi mereka kadang akan membuka wawasan kita, bagaimana sebuah ruangan dalam bangunan dapat dirancang bebas dari gangguan Hama.

6. Perawatan Perangkat

Disadari atau tidak perawatan perangkat produksi seperti komputer alat masak dan fasilitas pendukung lain sering berkaitan dengan pembangunan gedung secara keseluruhan. Karena kesalahan penataan ruangan dan instalasi listrik akan membuat hal tersebut menjadi kendala di kemudian hari.

Perangkat Komputer dan listrik misalnya, dibutuhkan instalasi listrik yang baik disamping penempatan perangkat yang tepat. Terhindari dari masalah air dan faktor lain yang dapat memperpendek usia pakai. 

Hal yang sama juga terjadi pada aktivitas bisnis food and beverage, dalam hal perawatan peralatan masak seperti fasilitas cuci piring dan peralatan. Penempatan yang tepat dan fasilitas yang bekerja dengan baik akan meningkatkan kualitas dan produktivitas kerja.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *